Cara Merubah IP Address Modem IndiHome Speedy

Cara Mengganti IP Address Modem Speedy IndiHome. IP Address Modem Speedy IndiHome adalah sebuah IP Address yang diberikan oleh pihak vendor Modem IndiHome Speedy yang digunakan untuk dapat masuk ke situs / website Modem supaya kita bisa melakukan setingan dan konfigurasi modem melalui web.

IP Address Modem Speedy Indihome yang sering digunakan oleh beberapa merek modem ADSL yang bekerja sama dengan PT. Telekomunikasi Indonesia (TELKOM) adalah.
  • IP Address Modem Speedy IndiHome TP-Link TD-8817 = 192.168.1.1 (Default).
  • IP Address Modem Speedy IndiHome Huawei HG532e = 192.168.1.254 (Default).
  • IP Address Modem Speedy Huawei SmartAX MT882a = 192.168.1.1 (Default).
  • IP Address Modem IndiHome Speedy ZTE ZXHN H108N = 192.168.1.254 (Default).
  • IP Address Modem IndiHome Speedy ZTE F609 = 192.168.1.1 (Default).

Merubah IP Address Modem Speedy IndiHome memang jarang sekali dilakukan, namun begitu terkadang hal tersebut juga bisa saja kita butuhkan untuk menangani masalah pada sebuah jaringan warnet ataupun jaringan komputer tertentu.

Beberapa alasan yang menjadi penyebab mengapa kita harus merubah / mengganti IP Address Modem IndiHome Speedy adalah.

1. Secara umum mengganti IP Address Modem Speedy / Indihome hanya di lakukan ketika kita akan mengganti modem baru yang memiliki IP Address yang berbeda dan melibatkan jumlah komputer client yang banyak.

Hal ini dimaksudkan sebagai asumsi dari pada mengganti IP Address Default Gateway di sisi client lebih baik merubah IP Address Modem sesuai IP Address Modem lama, atau pada suatu kasus lain seperti ketika kita akan menggabungkan dua (2) line internet dalam satu router.

2. Dengan banyaknya orang lain yang mengetahui IP Address Default Modem IndiHome Speedy, maka kemungkinan besar ini juga dapat menjadi celah bagi seseorang untuk digunakan sebagai jalan masuk ke panel router modem, sehingga dapat mengambil alih dan menguasai koneksi internet yang kita miliki.

Misal, dalam kasus tertentu orang lain dapat mengetahui password wifi speedy indihome melalui IP Address, mengingat saat ini sudah banyak sekali tersedia aplikasi / software canggih untuk membobol password wifi melalui panel router modem.

Saran.
  • Jika anda hanya pengguna modem speedy indihome line tunggal untuk pengguna internet rumahan tanpa mengaktifkan router wireless fidelity (Wifi), sebaiknya untuk IP Address Modem Speedy IndiHome tidak perlu dirubah atau biarkan saja IP Address Modem Speedy secara default sesuai bawaan modem.
  • Namun jika anda menggunakan internet dan mengaktifkan wifi, terlebih penggunaan wifi untuk hotspot, sebaiknya IP Address Modem Indihome Speedy di ganti saja, dan jangan lupa untuk selalu mematikan Fitur WPS.

Artikel Terkait.

Langsung saja, pada tutorial Cara Mengganti IP Address Modem Speedy, kali ini saya menggunakan Modem Speedy Huawei HG532e..

1. Seperti biasa, silahkan Buka browser kesayangan anda, seperti chrome, firefox atau browser yang lain.
2. Kemudian ketikkan pada address bar 192.168.1.254 (IP Address Modem Huawei HG532e Default), lalu tekan Enter.
3. Kemudian muncul tampilan Login Modem Huawei, silahkan login menggunakan superuser yaitu.
  • Username = admin, Password = admin (default).
  • Username = support, Password = support (default).
  • Username = support, Password = theworldinyourhand (superuser).
  • Username = telecomadmin, Password = admintelecom (superuser).

4. Selanjutnya anda akan di bawa masuk pada menu utama konfigurasi modem Huawei Hg532e, kemudian silahkan melakukan beberapa settingan, seperti:
  1. Silahkan klik Basic.
  2. Lalu pilih LAN.
  3. Kemudian klik DHCP.
  4. Selanjutnya pada kotak IP Address, silahkan ganti IP Address Modem Speedy sesuai yang anda inginkan.
  5. Dan langkah terakhir yang harus anda lakukan adalah, klik Submit.
  6. Kemudian secara otomatis Modem Speedy akan melakukan Restart.


5. Selesai.

Selanjutnya untuk memastikan apakah IP Address Modem Speedy sudah berubah atau belum, silahkan anda ketikkan IP Addres yang baru pada address bar browser, jika muncul tampilan login modem speedy, berarti IP Address Modem sudah berubah.

Demikian yang bisa saya informasikan mengenai artikel tentang bagaimana Cara Mengganti IP Address Modem Speedy HG532e.

Comments


EmoticonEmoticon