Cara Sharing File, Folder, Data di Jaringan Komputer Windows XP

Cara Sharing File, Folder, Data Di Jaringan Komputer Windows XP / Vista / 7 / 8 / 10. Salah satu fungsi jaringan komputer adalah untuk melakukan sharing file, folder, data, ataupun sharing perangkat keras komputer seperti scaner, drive, ataupun hardware komputer yang lainnya.

Dengan maka file folder atapun data dan beberapa pengkat keras komputer dapat digunakan secara bersama-sama, dengan begitu kita akan sangat diuntungkan dari segi efisiensi biaya dan lain sebagainya.

Pada artikel kali ini saya akan memberikan tutorial tentang bagiamnan cara melakukan sharing file, folder, atau data yan lain secara spesifik, yaitu kita hanya akan melakukan sharing drive.

Namun begitu cara ini juga bisa di aplikasikan untuk sharing file, data, atau folder tertentu serta juga dapat digunakan untuk melakukan sharing file perangkat keras (hardware) seperti Scanner, Drive, Optical Drive CD / DVD, dan lain-lain, tetapi cara ini tidak bisa digunakan untuk melakukan Sharing Scanner.

Artikel Terkait.

Cara Sharing file, folder, data di jaringan windows, dan pada contoh ini saya menggunakan windows xp, untuk windows versi yang lain tinggal disesuaikan saja.

1. Silahkan buka Windows Explorer, kemudian klik kanan pada Drive D, lalu pilih pilih Sharing and Security.


2. Kemudian muncul tampilan seperti dibawah ini, silahkan klik tulisan If you understand the risk but still to share the root of the drive, click here.


3. Pada tampilan dialog berikutnya silahkan klik If you understand the security risk but want to share files without running the wizard, click here.


4. Selanjutnya silahkan beri tanda Centang pada Share this folder on the network dan Allow network users to change my files, lalu klik Apply, lalu klik OK.


5. Tunggu beberapa saat proses sharing file sedang berlangsung, kemudian jika komputer meminta resstart, silahkan klik Yes.


6. Selesai, jika proses sharing file, folder, dan data telah berhasil, maka pada file, folder yang telah di sharing akan di tandai dengan gambar tangan seperti di bawah ini.
Cara ini memang lebih mudah dan simpel, karena pada dasarnya komputer sudah di sharing secara global atau komputer sudah pernah melakukan sharing data sehingga semua isi komputer sudah dikenali oleh komputer lain atau komputer yang hanya memiliki data sedikit, misal komputer / laptop yang baru di install ulang.

Tetapi jika saat anda melakukan klik kanan pada Drive D tidak muncul perintah-perintah seperti yang saya jelaskan diatas, maka anda harus melakukan sinkronisasi jaringan.

Artikel Terkait.

Mungkin Itu saja yang bisa saya sampaikan mengenai artikel tentang bagaimana Cara Sharing File, Folder, Data Untuk Jaringan Komputer.

Comments


EmoticonEmoticon