Pengertian Email / Surel, Fungsi Email, Manfaat Email

Pengertian / Email Surel, Fungsi Email, dan Manfaat Email. Email adalah singkatan dari Electronic Mail (Bahasa Inggris) atau jika di terjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia yang berarti Surat Elektronik atau juga sering disingkat Surel yang merupakan sebuah bentuk layanan internet yang memungkinkan kita untuk dapat mengirim dan menerima data.

Data atau file yang bisa kita melalui kirim email berupa, dokumen, aplikasi, video, gambar, ataupun file yang lain dengan menggunakan jaringan internet, namun begitu besarnya ukuran data yang dapat dikirim melalui email dalam satu masa sangat terbatas, sebagai contoh pada email gmail dibatasi maksimal hingga 10 MB.

Fungsi Email adalah sebagai identitas atau alamat kita di dalam dunia internet untuk mempermudah pengguna dalam melakukan aktivitas internet serta berinteraksi dengan sesama pengguna internet melalui layanan jejaring sosial seperti Facebook, Google Plus, Instagram, Twitter, dan media sosial yang lain.

Dan seperti yang anda ketahui, bahwa setiap kita akan melakukan aktivitas internet tertentu maka umumnya kita akan diminta alamat email ataupun nomor ponsel sebagai salah satu syarat utama, seperti ketika kita akan Membuat Akun Facebook, Membuat Akun Google Plus, Membuat Akun Paypal, Membuat Akun Twitter, Membuat Blog, dan lain sebagainya.


Artikel Terkait.

Dari apa yang sudah saya jelaskan seperti diatas, sudah biasa dilihat betapa pentingnya email di dalam dunia modern khususnya di bidang teknologi internet.

Salah satu kelebihan Email adalah setiap alamat Email tidak mungkin sama antara sesama pengguna email di seluruh dunia seperti halnya No HP, sehingga email sangat aman untuk digunakan dalam melakukan komunikasi melalui jaringan internet.

Banyak sekali situs penyedia layanan email secara gratis yang bisa Anda manfaatkan untuk Membuat Email, seperti gmail, hotmail, outlook, yahoo, dan lain sebagainya.

Manfaat Email.
Dari uraian tentang pengertian Email diatas, tentunya banyak sekali kegunaan email yang bisa kita manfaatkan dalam aktivitas online, berikut beberapa manfaat email.

1. Media Informasi.
Dengan memiliki email kita bisa mendapatkan informasi terbaru yang tak terbatas dari internet, seperti menjadi pelanggan situs tertentu.

2. Media Promosi.
Dengan menggunakan email anda bisa mempromosikan barang atau jasa kepada calon pelanggan dengan cara mengirim melalui daftar email pelanggan yang ada, tentu dengan cara seperti ini akan lebih efektif, murah, cepat, dan sangat efisien.

3. Media Komunikasi.
Email atau surat elektronik (surel) adalah media komunikasi yang bisa digunakan secara personal maupun secara umum, selain itu email juga bisa dimanfaatkan untuk mengirimkan data kepada orang lain di seluruh belahan dunia.

4. Media Sosial / Sosmed.
Anda bisa memanfaatkan email sebagai sarana untuk mempermudah dalam menjalin hubungan dengan kerabat maupun orang lain di seluruh penjuru dunia dengan cara bergabung dengan sosial media seperti, Membuat Facebook, Membuat Google Plus, Membuat Twitter, ataupun bergabung dengan jejaring sosial yang lain.

5. Membuat Blog / Website.
Email bisa dimanfaatkan untuk Membuat Blog Gratis Di Blogger, membuat blog gratis di wordpress, ataupun digunakan untuk membuat blog gratis di situs layanan blog gratis yang lain, sebagai sarana untuk tulis menulis mellalui media online.

Mungkin itu dulu yang bisa saya sampaikan mengenai pengertian surel / email, dan tentunya masih banyak sekali manfaat lain yang bisa kita dapatkan dari sebuah email dalam menunjang aktivitas di era revolusi teknologi digital yang semakin canggih.
Comments


EmoticonEmoticon