Cara Merubah Laptop Menjadi Hotspot Wifi Windows 10 / 8 / 7

Cara Setting Laptop / Komputer Menjadi Access Point Wifi Hotspot Windows 7 / 8 / 10. Banyak sekali cara yang bisa di manfaatkan untuk membagi koneksi internet yang kita miliki melalui jaringan kabel ataupun jaringan nirkabel wireless.

Salah satu cara mudah membuat hotspot wifi di laptop / notebook adalah dengan menggunakan software hotspot yang banyak tersedia secara gtratis, seperti Baidu Wifi Hotspot, Connectify Lite, ataupun aplikasi Hotspot Wifi yang lain.

Namun kali ini saya akan merubah laptop atau notebok menjadi wifi hotspot tanpa menggunakan software atau dengan kata lain dengan menggunakan aplikasi default yang disediakan oleh Windows 10 yang tentunya lebih terjamin keamanannya dari pada menggunakan software dari pihak lain.

Dengan merubah laptop menjadi wifi hotspot, maka secara otomatis laptop ataupun notebook yang kita gunakan dapat menerima dan sekaligus memancarkan sinyal wifi sehingga perangkat jaringan yang sudah dilengkapi dengan fitur wifi dapat terhubung ke jaringan internet, misal smartphone, tablet, laptop, ataupun device portable yang lain.

Untuk dapat melakukan sharing internet melalui laptop, syarat utama yang harus dipenuhi adalah laptop harus sudah tersambung dengan koneksi internet, misal koneksi internet dari Modem USB, Modem ADSL Speedy IndiHome ataupun koneksi internet yang di dapat laptop dari sinyal wifi.

Untuk melakukan eksperimen cara merubah laptop menjadi access point hotspot wifi saya menggunakan laptop Axioo atau lebih tepatnya Mybook Axioo 11+, dimana selain dapat digunakan sebagai access point, ternyata wireless yang terpasang pada notebook axioo 11+ ini juga dapat dimanfaatkan sebagai range extender atau lebih dikenal dengan repeater.


Artikel Terkait.

Cara Setting Laptop / Komputer Menjadi Hotspot Wifi Windows 10.
Pada tutorial kali ini, koneksi internet yang saya gunakan adalah dari sinyal wifi yang kemudian saya pancarkan kembali, dan untuk langkah-langkahnya sebagai berikut.

1. Asumsi saya laptop sudah tersambung dengan internet, selanjutnya silahkan klik tab menu Action Center (pojok kanan bawah layar) lalu klik Network.


2. Kemudian secara otomatis akan muncul daftar Wifi Hotspot yang tersambung dengan laptop / notebook, selanjutnya klik kanan Mobile Hotspot, lalu klik Go to Settings.


3. Tahap berikutnya, silahkan setting Mobile Hotspot sebagai berikut.
  1. Klik Mobile Hotspot.
  2. Kemudian aktifkan Mobile Hotspot dengan menekan tombol ON.
  3. Network name adalah nama wifi hotspot yang akan di sharing, dan anda bisa merubahnya melalui menu Edit
  4. Network password adalah password wifi yang di gunakan untuk login ke jaringan wifi hotspot yang baru di buat, dan anda bisa menggantinya melalui menu Edit.


4. Selesai

Selanjutnya, silahkan melakukan uji coba pada wifi hotspot yang baru dibuat dengan menggunakan laptop / netbook, smartphone, android, Tablet, iPhone, iPad, ataupun perangkat portable yang lain

Penting.
Jika koneksi internet tidak aktif, silahkan untuk Menonaktifkan Firewall Windows.

Sekian artikel tentang bagaimana Cara Membuat Laptop / Notebook / Komputer Menjadi Access Point Hotspot Wifi, dan jika ada yang belum paham, silahkan ajukan pertanyaan melalui kolom komentar untuk diskusi bersama.

Comments


EmoticonEmoticon