Pengertian Android & Sejarah Android

Sejarah Android - Pengertian Android. Android adalah sistem operasi berbasis linux dari keluarga Unix like yang dirancang untuk perangkat bergerak layar sentuh, seperti Komputer, Tablet, Telepon Pintar Smartphone, Ipad, iPhone, dan perangkat portable yang lainnya.

Penemu Android adalah Andy Rubin yang selanjutnya bersama beberapa temannya yaitu Rich Miner, Nick Sears, dan Chris White mengembangkan Android melalui perusahaan starup Android Inc pada tahun 2003.

Sistem Operasi Android merupakan salah satu contoh kesuksesan dunia open source dibawah Lisensi Apache 2.0 GNU GPL v2 dan untuk modifikasi Kernel Linux, dan ini merupakan yang menjadi salah satu alasan kenapa android bisa open source.

Dalam pengembangan produk Android kemudian mendapatkan dukungan financial secara penuh dari Google yang pada akhirnya di tahun 2005 Android telah resmi di akuisisi oleh Google dan menjadi anak perusahaan raksasa internet Google.

Awalnya Android merupakan sistem operasi yang dibuat dengan tujuan untuk kebutuhan sistem operasi canggih sebuah kamera digital.

Dibawah naungan Google, pemgembangan Android mecoba berubah haluan untuk menjadi pedatang baru sebagai sistem operasi telepon pintar, tablet, dan smartphone yang dirasa memiliki masa depan yang lebih cerah untuk masa yang akan datang.

Walaupun Android sepenuhnya telah menjadi milik Google, akan teteapi Andy Rubin dan teman-temannya tetap bekerja di perusahaan dan lebih focus mengembangkan Android sebagai sistem operasi canggih ponsel pintar smartphone.

Keberadaan Android ternyata dapat diterima dengan baik oleh sebagian besar kalangan pengguna smartphone, komputer tablet, dan device yang lain yang dibuktikan dengan adanya peningkatan jumlah pengguna Android dari tahun ketahun yang menunjukkan angka cukup fantastis.

Dan di yakini hingga saat ini Android merupakan salah satu sistem operasi telepon genggam yang paling banyak digunakan di dunia.

Kabar terbaru dari sistem operasi Android sudah memiliki versi terbaru dan stabil, yaitu Android 8.0 atau sering di juluki Android Oreo yang dirilis pada Agustus 2017 dengan target pemasaran Telepon Pintar, Komputer Tablet, TV, Jam Tangan, dan Mobile.

Sistem Operasi Android untuk saat ini sudah mendukung lebih dari 70 bahasa di Dunia, serta dukungan untuk platform 32 bit dan 64 bit, Arsitektur ARM x86-64 MIPS dan MIPS64, dan untuk mengenal Android lebih jauh, silahkan kunjungi situs resmi Android di www.android.com.

Mengenal sesuatu yang lebih baru tentang dunia teknologi media komunikasi memang sangat menarik, tidak terkecuali sistem operasi android besutan Google Inc, belum lagi tentang aplikasi yang dihadirkan pada Android yang sekarang ini lagi menjamur di kalangan muda mudi, yakni WhatsApp.


Artikel Terkait.

Kelebihan dan Kekurangan Sistem Operasi Android.
Dari setiap munculnya teknologi pastinya juga memiliki kelebihan dan kekurangan, termasuk juga Android, lantas apa saja kekurangan dan kelebihan Android ?

Keunggulan / Kelebihan Android.
  • User Friendly, artinya sistem operasi Android sangat mudah untuk digunakan, jadi anda tidak perlu membutuhkan waktu yang lama untuk mengoperasikan dan memahami fitur-fitur yang ada pada Android.
  • Open Source, inilah salah satu kelebihan Android yang tidak dimiliki oleh sistem operasi lainnya, karena memang sesuai asalnya, yaitu Android merupakan sistem operasi canggih yang dibangun dari kernel linux, jadi menggunakan Android adalah pilihan yang tepat bagi perusahaan teknologi yang menginginkan biaya rendah, bisa di kostumisasi, dan ringan untuk perangkat berteknologi tinggi tanpa harus mengembangkan dari awal.
  • Tersedianya aplikasi yang sangat banyak dan menarik dari yang gratis hingga yang berbayar, serta masih banyak sekali kelebihan dan keunggulan fitur yang dihadirkan oleh Android yang lainnya, dan dengan mengusung label sebagai sistem operasi Open Source, memungkinkan Anda untuk ikut serta dalam penngembangan Sistem Oeperasi Android sesuai keniginan anda.

Kelemahan / Kekurangan Android.
Secara umum sistem operasi Android bisa dikatakan tidak ada kekurangan yang berarti atau Sistem Operasi Android lebih unggul jika dibandingkan dengan sistem operasi yang umum digunakan pada ponsel pintar, namun demikian menurut saya pribadi selaku pengguna android pernah merasakan kekurangan Android sebagai berikut:
  • Update sistem operasi yang lumayan sulit, karena bagaimanapun juga untuk melakukan update operating system Android, Anda harus menunggu dari vendor yang bersangkutan untuk merilis Update Android versi terbaru.
  • Android kurang bersahabat jika digunakan pada smartphone atau tablet yang belum mendukung jaringan 3G, sehingga jika dipaksakan digunakan pada ponsel, maka akan mengakibatkan munculnya pesan Masalah Sambungan atau Kode MMI Tidak Valid, dan kekurangan ini sebenarnya muncul akibat dari kurangnya kesiapan hardware atau perangkat keras yang disediakan oleh vendor dari masing-masing device, atau untuk mengenal lebih jauh tentang kualitas jaringan, silahkan baca artikel tentang Perbedaan H+, 3G dan 4G LTE.
  • Bagi anda yang ingin menggunakan ponsel berbasis Android, saran saya, apapun jenis dan merk device yang digunakan untuk selalu memilih spesifikasi Tablet dan Smartphone minimal sudah mendukung jaringan 3G, jangan hanya memikirkan harga yang murah lantas kita lalai dalam memperhatikan kualitas barang, jika tidak maka jangan heran jika Android kesayangan Anda akan menampilkan pesan Masalah Sambungan atau Kode MMI Tidak Valid, saat melakukan cek pulsa dan aktivitas internet lainnya, terutama penggunaan Dual SIM Aktif pada daerah yang minim jaringan.
  • Sebenarnya Android adalah sistem operasi yang sangat ringan atau untuk menjalankan Android tidak membutuhkan daya yang besar, namun dengan banyaknya ragam Aplikasi ataupun Game yang tersedia untuk Android serta fitur menarik lainnya menyebabkan Android lebih boros Battery, untuk itu gunakanlah aplikasi yang memang benar-benar anda butuhkan.

Perkembangan Versi Android Sistem Operasi dari dulu hingga sekarang.
Android Versi 1.5 atau lebih dikenal dengan nama Android Cupcake, dengan dukungan API level 3,  dan dirilis pada tanggal  30 April 2009.
Fitur Android Cupcake.

Android Versi 1.6 atau lebih dikenal dengan nama Android Donut, dengan dukungan API level 4, dan dirilis pada tanggal 15 September 2009.
Fitur Android Donut.

Android Versi 2.0 - 2.1 atau lebih dikenal dengan nama Android Eclair, dengan dukungan API level 7, dan dirilis pada tanggal 26 Oktober 2009.
Fitur Android Eclair.

Android Versi 2.2 atau lebih dikenal dengan nama Android Froyo, dengan dukungan API level 8, dan dirilis pada tanggal 20 Mei 2010, dengan distribusi 0,7%.
Fitur Android Froyo.

Android Versi 2.3 - 2.3.2 atau lebih dikenal dengan nama Android Gingerbread, dengan dukungan API level 9, dan dirilis pada tanggal 6 Desember 2010.
Android Versi 2.3.3 - 2.3.7 atau lebih dikenal dengan nama Android Gingerbread, dengan dukungan API level 10, dan dirilis pada tanggal 9 Februari 201, dengan distribusi sebesar 11,7%.
Fitur Android Gingerbread.

Android Versi 3.1 atau lebih dikenal dengan nama Android Honeycomb, dengan dukungan API level 12, dan dirilis pada tanggal 10 Mei 2011.
Android Versi 3.2 atau lebih dikenal dengan nama Android Honeycomb, dengan dukungan API level 13, dan dirilis pada tanggal 15 Juli 2011.
Fitur Android Honeycomb.

Android Versi 4.0.3 - 4.0.4 atau lebih dikenal dengan nama Android Ice Cream Sandwich, dengan dukungan API level 15, dan di rilis pada tanggal 16 Desember 2011, dengan distribusi sebesar 9,6%.
Fitur Android Ice Cream Sandwich.

Android Versi 4.1.x atau lebih dikenal dengan nama Android Jelly Bean, dengan dukungan API level 16, dan dirilis pada tanggal 9 Juli 2012, dengan distribusi sebesar 25,1%.
Android Versi 4.2.x atau lebih dikenal dengan nama Android Jelly Bean, dengan dukungan API level 17, dan dirilis pada tanggal 13 November 2012, dengan distribusi sebesar 20,7%.
Android Versi 4.3.x atau lebih dikenal dengan nama Android Jelly Bean, dengan dukungan API level 18, dan dirilis pada tanggal 24 Juli 2013, dengan distribusi sebesar 8%.
Fitur Android Jelly Bean.

Android Versi 4.4.x atau lebih dikenal dengan nama Android Kit Kat, dengan dukungan API level 19, dan dirilis pada tanggal 31 Oktober 2013, dengan distribusi sebesar 24,5%.
Fitur Android 4.4.x Kit Kat.

Android Versi 5.x atau lebih dikenal dengan nama Android Lollipop, dengan dukungan API level 21, dan dirilis pada tanggal 15 Oktober 2014.
Fitur Android 5.x Lollipop.

Android Versi 6.0 atau lebih dikenal dengan nama Android Marshmallow, dengan dukungan API level 23, dan dirilis pada tanggal 19 Agustus 2015.
Fitur Android 6.0 Marshmallow.

Android Versi 7.0 atau lebih dikenal dengan nama Android Nougat yang resmi dirilis pada tanggal 22 Agustus 2016, dan sudah menggunakan API Level 24.
Fitur Android 7.0 - Android Nougat.

Android Versi 8.0 atau lebih dikenal sebagai Android Oreo yang mulai diperkenalkan pada Maret 2017, selanjutnya rilis versi stabil android 8.0 pada Agustus 2017 dengan dukungan API Level 26.
Fitur Android 8.0 - Android Oreo.

Android Versi 9.0 atau lebih dikenal dengan Android Pie adalah sistem operasi android yang mulai diperkenalkan untuk publik secara luas pada tanggal 6 Agustus 2018 dengan dukungan API Level 28.
Fitur Android 9.0 - Android Pie.

Android Versi 10 atau lebih dikenal dengan Android Sepuluh (10) adalah sistem operasi android terbaru yang di kembangkan oleh Google Open Handset Alliance yang mulai diperkenalkan untuk publik pada tanggal 3 September 2019 dengan dukungan API Level 29 .
Fitur Android 10.

Urutan Versi Android OS (Operating System).
Nama Android Versi AndroidRilis Level API
Cupcake 1.5 30 April 2009 3
Donut 1.6 15 September 2009 4
Eclair 2.0 - 2.1 26 Oktober 2009 7
Froyo 2.2 - 2.2.320 Mei 2010 8
Gingerbread 2.3 - 2.3.2 6 Desember 2010 9 - 10
Honeycomb 3.0 - 3.2.622 Februari 2011 12 - 13
Ice Cream Sandwich 4.0 - 4.0.418 Oktober 2011 15
Jelly Bean 4.1 - 4.3.19 Juli 2012 16 - 17 -18
Kit Kat 4.4 - 4.4.431 Oktober 2013 19
Lollipop 5.0 - 5.1.112 November 2014 21
Marshmallow 6.0 - 6.0.15 Oktober 2015 23
Nougat 7.0Agustus – September 2016 24
Oreo 8.021 Agustus 2017 26
Pie 9.06 Agustus 2018 28
10 103 September 2019 29

Apa Itu API (Application Programing Interface) ?.
Setiap peluncuran sistem operasi Android terbaru, selalu diikuti dengan dukungan API yang lebih baru, lantas apa sebenarnya Pengertian API itu sendiri.

Pengertian API.
API adalah singkatan dari Application Programming Interface atau kalau diartikan ke dalam Bahasa Indonesia adalah Antarmuka Pemprograman Aplikasi yang merupakan sebuah kumpulan perintah, fungsi, dan protocol yang dapat digunakan oleh programmer untuk membuat sistem operasi tertentu, serta memungkinkan programmer dapat menggunakan fungsi standar untuk berinteraksi dengan sistem operasi.

Demikian informasi yang bisa saya bagikan mengenai artikel tentang Pengertian dan Sejarah Sistem Operasi Android.
Comments


EmoticonEmoticon