Cara Mengembalikan IP Address Komputer Laptop Default

Cara Mengembalikan IP Address Laptop Komputer Ke Default / Setingan Awal. - IP Address merupakan hal yang sangat penting jika dikaitkan dengan sebuah jaringan komputer, karena sebuah device hanya bisa dikenali dengan device lain dari sebuah IP Address, atau dengan kata lain setiap media komputer yang ingin saling terhubung harus menggunakan sebuah alamat.

Salah satu hal yang paling utama dalam membangun sebuah jaringan komputer adalah IP Address, dimana IP Address merupakan sarat wajib yang harus di pasang pada setiap komputer, supaya komputer dapat saling terhubung dengan komputer yang lain.

Dan masalah yang sering terjadi pada instalasi jaringan komputer adalah komputer tidak bisa terhubung hanya gara-gara kita kurang teliti dalam melakukan pengecekan IP Address pada setiap komputer, sehingga kita tidak tahu terdapat IP Address komputer yang sama dalam satu jaringan komputer yang pada akhirnya menyebabkan permasalah dalam jaringan komputer.

Cara yang paling mudah untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan cara mengganti atau merubah IP Address Komputer yang bermasalah dengan IP Address yang belum digunakan atau Anda juga bisa untuk sementara waktu mengembalikan IP Address ke setingan awal supaya komputer bisa terhubung dengan komputer yang lain.

Selain digunakan untuk mengatasi masalah pada jaringan komputer, Merubah IP Address Komputer ke setingan awal juga terkandang dibutuhkan saat kita ingin Melihat IP Address Modem, hal ini dilakukan supaya tidak terlalu banyak IP Address yang muncul, sehingga kita akan lebih mudah untuk memastikan IP Address Modem.


Artikel Terkait.

Selain itu, Cara diatas juga bisa digunakan untuk untuk Mengembalikan DNS Komputer dan Laptop ke Default Setingan Semula.

Cara Merubah IP Address Komputer Laptop ke Default, dan pada contoh kali ini saya menggunakan Windows XP Propessional SP3, untuk windows versi yang lain tinggal di sesuaikan saja.

1. Buka Start, lalu pilih Control Panel.


2. Kemudian muncul tampilan berikut, lalu pilih Network and Internet Connections.


3. Selanjutnya pilih Network Connections.


4. Lalu klik kanan pada Local Area Connection, pilih Properties.


5. Selanjutnya pilih Internet Protocol (TCP/IP), lalu pilih Properties.


Note.
Jangan lupa untuk memberikan tanda centang pada Show icon in notification area when connected dan Notify me when connection has limited or no connectivity untuk mempermudah Anda dalam mengetahui status koneksi jaringan dan koneksi internet.


6. Kemudian pilih Obtain an IP Address Automatically, lalu klik OK.

7. Selesai, sampai disini IP Address Komputer Laptop sudah kembali ke settingan awal.

Demikian yang bisa saya sampaikan mengenai artikel tentang bagaimana Cara Merubah IP Address Komputer ke Default atau ke settingan.

Comments


EmoticonEmoticon