Cara Setting DNS Komputer & Laptop

Cara Mengganti DNS Laptop Komputer. DNS (Domain Name System) merupakan sebuah system berbasis data penyimpanan informasi yang  melibatkan domain serta host di dalam jaringan komputer, fungsi dari DNS itu sendiri adalah sebagai penerjemah IP Address terhadap domain sebuah website supaya lebih mudah untuk di ingat oleh manusia.

Maksud dari pengertian DNS sebagai penerjemah IP Address pada sebuah domain situs web adalah, misalnya, anda akan lebih mudah mengingat nama itwae.blogspot.com daripada harus mengingat angka 172.217.24.65 yang merupakan IP Address dari blog www.itwae.blogspot.com.

PRINSIP DASAR DNS.
Domain Name System (DNS) adalah distributed database system yang digunakan untuk pencarian nama komputer (name resolution) di jaringan yang mengunakan TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).

DNS secara umum digunakan pada aplikasi yang terhubung ke Internet seperti web browser atau e-mail, dimana DNS membantu memetakan host name sebuah komputer ke IP address.

Selain digunakan di Internet, DNS juga dapat di implementasikan ke private network atau intranet. DNS dapat disamakan fungsinya dengan buku telepon. Dimana setiap komputer di jaringan Internet memiliki host name (nama komputer) dan Internet Protocol (IP) address.

DNS memiliki beberapa kelebihan dan keunggulan jika dibandingkan dengan pemetaan IP Address dan Komputer menggunakan  HOST FILE, yaitu mudah, konsisten, dan simple.

HOST FILE merupakan sistem yang digunakan untuk memetakan sebuah komputer dan IP Address pada jaringan komputer sebelum ditemukannya metode pencarian host name terhadap IP Address komputer di internet atau yang saat ini lebih di kenal dengan sebutan DNS (Domain Name System).


Artikel Terkait.

Cara Merubah / Mengganti DNS Komputer Laptop.
Tutorial kali ini saya menggunakan Windows XP SP3, dan untuk Versi Windows yang lain tinggal di sesuaikan saja.

1. Buka Start, lalu pilih Control Panel.


2. Kemudian muncul tampilan berikut, lalu pilih Network and Internet Connections.


3. Selanjutnya pilih Network Connections.


4. Lalu klik kanan pada Local Area Connection, pilih Properties.


5. Selanjutnya pilih Internet Protocol (TCP/IP), lalu pilih Properties.


Note.
Jangan lupa untuk memberikan tanda centang pada Show icon in notification area when connected dan Notify me when connection has limited or no connectivity untuk mempermudah Anda dalam mengetahui status koneksi jaringan dan koneksi internet.

4. Kemudian pada tab General pilih Use the Following DNS Server Addresses, sebagai contoh saya menggunakan DNS Public Google yaitu.
  • Primary DNS Server 8.8.8.8.
  • Secondary DNS Server 8.8.4.4.


    5. Selesai.

    Demikian artikel yang bisa saya bagikan mengenai bagaimana Cara Setting DNS Komputer dan Laptop, dimana sesuai kabar burung yang beredar di internet bahwa unuk meningkatkan kecepatan dan stabilitas koneksi internet adalah dengan Cara Mengganti DNS.

    Comments


    EmoticonEmoticon