Perbedaan IndiHome Dan Speedy

Perbedaan Speedy Dan IndiHome Serta Telkomnet Instan. Jika diartikan secara sederhana tentang perbedaan antara ketiga produk yang di usung oleh PT. Telekomunikasi Indonesia, yaitu Speedy, IndiHome, dan Telkomnet Instan adalah sebuah perubahan Brand / Merek yang di ikuti dengan perbaikan dan penambahan fitur yang semakin lengkap dan canggih.

" Pertama kali Telkom memperkenalkan layanan akses internet dengan nama Telkomnet Instan, selanjutnya berubah nama menjadi Speedy, dan sekarang produk terbaru layanan internet Telkom adalah IndiHome Fiber Triple Play "

Melalui artikel ini, saya akan secara singkat menjelaskan perbedaan yang mendasar antara ketiga layanan akses internet yang di miliki oleh perusahaan telekomunikasi nomor satu di Indonesia tersebut, yaitu Telkomnet Instan, Speedy dan IndiHome.

Pengertian Telkomnet Instan
Telkomnet Instan merupakan akses internet yang di tawarkan PT. TELKOM yang merupakan akses komunikasi ke Internet gateway mode statistik dengan data sirkit pada Network TelkomFlexi dengan memiliki kecepatan akses internet maksimum hingga 64 Kbps.

Untuk mendapatkan akses Internet Telkomnet Instan, pelanggan dapat mengakses melalui Network TelkomFlexi.

Selain itu pihak Telkom juga mengeluarkan Telkomnet Instan Hemat yaitu terobosan langganan akses internet yang murah dengan menggunakan jaringan telepon rumah dan Personal Komputer (PC).

Dan untuk menghubungkan akses internet Telkomnet Instan dengan PC adalah dengan cara melakukan koneksi internet terhadap modem yang terpasang di Personal Komputer (PC).


Adapun kelemahan layanan akses internet menggunakan telkomnet instan adalah tidak bisa menerima suara dan akses internet secara bersamaan atau dengan kata lain saat kita lagi mengakses internet dan ketika ada telepon masuk serta mengangkat telepon maka secara otomatis koneksi internet akan terputus.

Pengertian Speedy
Speedy merupakan revolusi digital yang dilakukan PT. TELKOM pada pertengahan tahun 2006, Produk Speedy muncul guna menjawab kebutuhan internet yang semakin besar, dimana pengguna internet membutuhkan layanan akses Internet yang Cepat dan Stabil.

Speedy adalah layanan Akses Internet berbasis teknologi ADSL dengan menggunakan media kabel tembaga yang memungkinkan untuk dapat menyalurkan suara dan data internet secara simultan (bersamaan) melalui telepon rumah dengan memiliki kecepatan maksimum mencapai 1000 Kbps atau 1 Mbps dari modem sampai Sentral Telkom.

Selanjutnya dalam perkembangannya Speedy mampu memberikan layanan akses data internet dengan kecepatan maximum hingga 5 Mbps dengan kuota Unlimited.

Pengertian ADSL.
ADSL adalah singkatan dari Asymmetric Digital Subscriber Line yang merupakan perangkat aktif jaringan pelanggan yang digunakan untuk mendukung implementasi layanan multimedia pada broadband dengan menggunakan satu pair kabel tembaga.

Sebagai contoh perangkat ADSL yang digunakan Telkom sebagai implementasi produk Speedy dan IndiHome adalah.

Kelebihan Speedy adalah High Speed Internet, Akses LAN (Teleworking, SOHO), Distance Learning, Video Conference, Broadsact TV, Home Shooping, Dan Video Demand, selain itu Speedy juga memiliki keunggulan secara umum seperti
  1. Praktis, Layanan Suara, Fax, dan Data Internet kecepatan tinggi dapat dilakukan secara bersamaan tanpa saling mengganggu (simultan).
  2. Koneksi 24 Jam, Layanan internet broadband ADSL menyediakan koneksi secara terus menerus selama 24 jam, serta mampu menyalurkan koneksi dengan kecepatan tinggi.
  3. Aman, saluran atau jalur yang digunakan setiap pengguna Speedy dibuat sendiri-sendiri, jadi tidak dibagi dengan pengguna lainnya (not share) sehingga keamanan tetap terjamin, hal ini sangat penting untuk aplikasi e-business.
  4. Kecepatan Konstan, Mengingat infrastruktur tidak terbagi dengan pengguna lainnya, maka kecepatan tidak terpengaruh oleh jumlah pelanggan serta pertambahan jumlah pengakses, dan koneksi lebih stabil karena setiap pengguna memiliki jalur tersendiri ke peralatan multiflexer disisi telkom, selain itu pelanggan dapat menikmati akses internet untuk kecepatan download mencapai 1000 Kbps.
  5. Tarif Flat Rate, Pelanggan dapat memilih paket layanan berdasarkan kuota traffic internet yang paling sesuai dengan kebutuhan dan penagihan dilakukan setiap bulan sekali, Jika traffic pelanggan melebihi kuota yang di pilih makan pelanggan akan di kenakan biaya kelebihan sesuai jumlah Traffic (dalam megabyte).

Pengertian IndiHome.
IndiHome adalah layanan internet terbaru dari PT. TELKOM yang merupakan layanan Triple Play yang terdiri dari Internet, Usee TV Cable, dan Telepon Rumah, dan produk indihome menggunakan 2 jenis media penghantar data, yaitu kabel tembaga dan serat optik.

Untuk indihome yang masih memanfaatkan kabel tembaga sebagai transfer data, maka di sisi pelanggan akan dipasang modem yang sudah mendukung teknologi ADSL+2 dan STB.

Sedangkan indihome yang sudah menggunakan serat optic sebagai penghatar data, maka pada pelanggan akan di pasang STB dan perangkat ONT (Optical Terminal Network) sebagai pendukung layanan teknologi jaringan GPON (Gigabit Passive Optical Network).

Arikel Terkait.

IndiHome mulai diluncurkan pada awal tahun 2015 sebagai pengganti dari Speedy, karena seperti yang telah kita tahu bahwa managemen telkom telah Menghapus Brand Speedy dan mengganti Brand baru yaitu IndiHome, yang tentunya dengan produk barunya ini PT. TELKOM akan memberikan fasilitas serta kenyamanan dan kepuasan pelanggan lebih terjamin.

Selain menggunakan jaringan berbasis teknologi Fiber Optic (FO) yang mampu mentrasfer data hingga 100 Mbps, IndiHome juga dikabarkan memiliki fitur tambahan seperti.
  • IndiHome View.
  • MelOn.
  • Trend Micro Security System.

Kelebihan dan Keunggulan IndiHome Fiber.
  • Internet super cepat dan stabil hingga 100 Mbps.
  • TV dengan kualitas HD yang menghasilkan gambar yang tajam dan suara yang lebih jernih.
  • Kualitas pengiriman dan penerimaan suara yang jernih dan jelas.

Kekurangan dan Kelemahan IndiHome Fiber.
  • Komponen yang digunakan untuk mendukung implementasi jaringan indihome tergolong mahal sehingga tidak heran jika sampai saat ini masih banyak daerah yang belum terjangkau jaringan Indihome Fiber.

Dari apa yang saya tulis diatas bisa di ambil kesimpulan bahwa perbedaan jaringan speedy dan jaringan indihome fiber optic (FO) adalah media dan teknologi jaringan yang digunakan sudah berbeda, yaitu.
  • Speedy menggunakan teknologi jaringan ADSL dengan media penghantar data sebuah kabel tembaga yang memungkinkan pelanggan untuk mendapatkan kecepatan bandwidth internet maksimal 5 Mbps dengan mendapatkan fasilitas internet dan telepon rumah.
  • Indihome menggunakan teknologi jaringan GPON dengan media penghantar data debuah serat optic (FO) yang memungkinkan pelanggan untuk medapatkan kecepatan bandwidth internet maksimal hingga 100 Mbps dengan mendapatkan fasilitas internet super cepat, telepon rumah, dan TV Cable dengan kualitas HD serta penambahan dukungan beberapa fitur add on indihome.

Demikian artikel tentang Perbedaan IndiHome Dan speedy, serta Pengertian Speedy, IndiHome, Dan Telkomnet Instan.

Comments


EmoticonEmoticon