Pengertian WPS & Fungsi WPS Modem IndiHome Speedy

Fungsi WPS Pada Modem Speedy IndiHome. Apa Fungsi Tombol WPS dan bagaimana cara menggunakan WPS, mungkin itulah yang pernah terpikir olehku ketika pertama kali melihat tombol WPS yang tersemat pada body salah satu Modem IndiHome Speedy.

Sebenarnya Fitur WPS ini sudah sangat lama di manfaatkan oleh beberapa perangkat jaringan yang sudah mendukung layanan Wifi, yang mana dengan menggunakan teknologi wifi, maka memungkinkan anda untuk dapat saling bertukar data tanpa menggunakan media kabel.

Sebagai pengguna internet yang menggunakan layanan jaringan ADSL ataupun fiber optic, entah itu dari penyedia layanan jaringan internet speedy indihome ataupun dari ISP (Internet Service Provider) yang lain tentu saja sudah tidak asing dengan adanya fitur WPS yang telah di sediakan oleh modem ADSL + Wireless Router.

Artikel Terkait.

Fitur WPS umumnya sudah tertanam pada perangkat jaringan yang sudah mendukung Wifi dalam usaha untuk memberikan keamanan dan kemudahan dalam melakukan koneksi internet menggunakan wifi.

Bahkan fitur WPS ini sudah terpasang pada Handphone ataupun Smartphone, Tablet keluaran terbaru yang sudah mendukung sharing koneksi berbasis Wifi (Wireless Fidelity).

Namun begitu, tidak sedikit pengguna modem indihome yang belum mengetahui apa sebenarnya fungsi dari WPS tersebut.

Untuk itu pada share artikel kali ini saya akan mencoba secara singkat menjelaskan tentang Pengertian dan Fungsi WPS serta kelebihan dan kekurangan WPS pada modem IndiHome Speedy ataupun WPS pada perangkat jaringan yang lain.

Pengertian WPS (Wi-Fi Protected Setup).
WPS adalah singkatan dari Wfi Protected Setup yang diciptakan oleh Aliance WiFi (Wifi Aliance) yang mulai diperkenalkan pada 2007 silam.

Wifi Aliance merupakan sebuah organisasi pengembang dan sertifikasi Teknologi WIFI yang sudah memiliki lebih dari 600 anggota dari berbagai perusahaan perangkat jaringan terkenal di Dunia seperti Apple, Microsoft, Samsung, ZTE, Huawei, dan perusahaan perangkat jaringan yang lainnya.

Fungsi WPS.
Fungsi WPS adalah untuk memberikan kenyamanan dalam membuat koneksi antar perangkat jaringan yang sudah mendukung fitur wifi dengan sangat mudah dan cepat.


Sehingga dengan menggunakan fitur WPS yang ada dalam router, tentunya pengguna WiFi akan mendapatkan kemudahan dalam melakukan akses layanan Wifi tanpa harus memasukkan password setiap kali akan terhubung dengan wifi tersebut.

Tetapi dengan syarat, terlebih dahulu perangkat pengguna harus sudah pernah melakukan save username dan password WiFi tersebut, dan sebaliknya jika kita belum pernah mengetahui password Wifi tersebut, maka kita juga tidak akan bisa konek ke jarigan wifi yang maksud.

Sedikit catatan, bawa Fitur WPS hanya dapat bekerja pada perangkat yang sudah mendukung keamanan WPA Personal dan WPA2-PSK, dan sebaliknya WPS tidak dapat berfungsi pada perangkat yang hanya memiliki dukungan keamanan WEP.

Artikel Terkait.

WPS sudah support dengan beberapa Sistem Operasi (OS), seperti.
  • Windows XP | Windows Vista | Windows 7 | Windows 8 | Windows 8.1 | Windows 10.
  • Android 4.0 Ice Cream Sandwich | Android 4.1 Jelly Bean | Android 4.4 Kit Kat | Android 5.0 Lollipop | Android 6.0 Marshmallow | Android 7.0 Nougat.
  • BlackBerry Versi 6 dan untuk semua versi BlackBerry yang lebih baru.

Selain itu WPS juga memiliki kunggulan dan kelemahan, diantaranya adalah.

Kelebihan WPS (Wi-Fi Protected Setup).
  • Membuat sambungan / koneksi wifi antara router ataupun perangkat jaringan yang lainnya dengan perangkat komputer, laptop, ataupun smartphone dengan sangat cepat dan mudah.

Kekurangan WPS (Wi-Fi Protected Setup).
  • Keamanan jaringan wifi dengan menggunakan fitur WPS sangat rapuh, atau dengan kata lain sharing koneksi internet melalui wifi dengan mengaktifkan WPS sangat rentan dengan aksi pembobolan password wifi.
  • Mengingat saat ini sudah banyak sekali tersedia aplikasi / software pembobol wifi yang ditujukan untuk fitur WPS, sehingga jika ingin share koneksi wifi menggunakan WPS harus dibutuhkan tambahan setingan keamanan password wifi yang lebih kuat. 

Saran.
Silahkan mematikan WPS di Modem Indihome Speedy ketika sedang menggunakan Wifi, terlebih di kawasaan perkotaan.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan mengenai Pengertian dan Fungsi WPS (Wi-Fi Protected Setup).

Comments


EmoticonEmoticon