Cara Setting Jaringan Game Online Windows 7 / Vista / XP

Cara Setting Jaringan Game Online Windows 7 / Vista / XP Tanpa Mikrotik. Jaringan Komputer adalah gabungan dari sejumlah sistem operasi dan perangkat jaringan lainnya yang saling terhubung satu sama lain melalui media transmisi kabel maupun nirkable (wifi) sehingga dapat saling berbagi data, berbagi perangkat keras, ataupun berbagi aplikasi.

Pada Artikel kali ini saya akan mencoba berbagi pengalaman tentang bagaimana Cara Setting Jaringan Game Online Sederhana Tanpa Mikrotik Windows 7, dan tentunya setting jaringan game online lebih mudah dari pada melakukan setting jaringan komputer kantor ataupun warnet.

Karena pada jaringan komputer yang khusus digunakan untuk layanan game online tidak lagi membutuhkan software / aplikasi yang umum di pakai dalam jaringan warnet ataupun jaringan kator serta tidak lagi memerlukan setting sharing file / foder ataupun sharing perangkat keras, seperti printer, scaner dan hardware yang lainnya.

Akan tetapi cara ini juga bisa diterapkan untuk Setting Jaringan komputer lab sekolah, Jaringan Komputer Kantor, ataupun jaringan komputer sederhana yang lainnya dengan menggunakan Windows 10, Windows XP, ataupun Windows 8.

Artikel Terkait.

Topologi Jaringan Game Online Sederhana Tanpa Mikrotik.

Internet - Modem - Switch / HUB - Komputer Billing + Komputer Client.

Menurut pengalaman pribadi, stopologi jaringan seperti ini sebenarnya kurang efisien, mengingat semua komputer memiliki hak yang sama dalam mendapatkan bandwidth atau lebih tepatnya setiap komputer saling berebut kecepatan akses internet.

Sehingga model jaringan game online sederhana yang akan saya share kali ini lebih tepat jika di aplikasikan pada warnet ataupun game online yang memiliki jumlah bandwidth yang kecil.


Pada tutorial membuat jaringan game online sederhana ini saya sengaja tidak menggunakan Mikrotik sebagai pengatur banwidth, mengingat banwidth yang saya miliki hanya 1 Mbps, jadi asumsi saya sangat tidak tepat jika menggunakan mikrotik atau squid untuk melimit bandwidth.

Duntuk membagi bandwidth dalam jumlah yang kecil pada sebuah game online lebih baik menggunakan P2Pover ataupun aplikasi pembagi bandwidth lainnya yang menurut saya lebih simple dan praktis.

Artikel Terkait.

Akan tetapi jika anda ingin membangun jaringan game online dalam skala besar, misal 20 unit komputer atau lebih, saya sangat menyarankan dalam melakukan management / pembagian bandwidth lebih baik menggunakan mikrotik, dengan topologi sebagai berikut.

Topologi Jaringan Game Online Menggunakan Mikrotik.

Internet - Modem - Mikrotik - Switch / HUB - Komputer Biling + Komputer Client.

Skema jaringan internet semacan ini merupakan yang paling banyak atau paling umum digunakan oleh warnet dan game online saat ini yang memiliki bandwidth yang besar serta melibatkan jumlah komputer client yang banyak.

Untuk membangun sebuah jaringan komputer menggunakan kabel LAN, ada beberapa hardware / perangkat keras jaringan yang harus di persiapkan untuk mendukung implementasi jaringan komputer, antara lain:
  • Komputer.
  • HUB / Switch.
  • Kabel Jaringan / Kabel UTP yang sudah terpasang konektor RJ-45.
  • Mikrotik (jika inging mengatur bandwidth dengan mikrotik). 

Disamping mempersiapkan hardware / perangkat keras jaringan, anda juga harus mempersiapkan hardware dam software untuk mendukung dan meningkatkan performa game online, misal.

Spesifikasi Komputer  / Laptop Game Online.
  • Prosesor minimal Dual Core 2,7 Ghz (di sesuaikan kebutuhan game).
  • RAM / Memory minimal 2 GB (di sesuaikan kebutuhan game).
  • Hardisk / HDD minimal 250 GB (di sesuaikan kebutuhan game).
  • VGA Card minimal 512 MB / 128 bit (di sesuaikan kebutuhan game).

Aplikasi / Software Pendukung Game Online.
  • Windows 7.
  • Driver Komputer / Motherboard (jika menggunakan VGA Card, sebaiknya driver VGA onboard jangan di install).
  • Driver VGA Card.
  • DirectX minimal versi 9.0 atau di sesuaikan kebutuhan game.
  • Adobe Flash Player Terbaru.
  • Aplikasi keamanan, Deep Freeze atau Shadow Defender.

Pada ilustrasi jaringan game online kali ini saya akan menggunakan 3 Unit komputer, dimana 2 unit komputer dijadikan client, dan 1 unit komputer digunakan sebagai Server / komputer billing, dan menggunakan IP Address sebagai berikut,

IP Address Computer Server : 192.168.0.3
IP Address Computer Client.
  • Client 1 IP Address : 192.168.0.1
  • Client 2 IP Address : 192.168.0.2

Note.
Anda bisa merubah IP Address Komputer sesuai keinginan, atau IP Address Komputer tidak harus sama seperti apa yang saya tulis diatas, serta anda juga bisa menambahkan jumlah komputer client sesuai keinginan.

Kemudian setelah kita menentukan IP Address komputer, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah melakukan Setting IP Address pada setiap komputer yang akan terhubung ke jaringan game online.

Pada tutorial Cara Setting IP Address Komputer, saya menggunakan Windows 7 Professional 32 bit, dan untuk versi Windows yang lain tinggal disesuaikan saja.

Artikel Terkait.
  • Perbedaan system 32 bit dan 64 bit.

Cara Mudah Setting IP Address Komputer / Laptop Windows 7 .

1. Silahkan klik icon Local Area Connections (icon komputer pojok bawah kanan layar), lalu klik Open Network and Sharing Center.


2. Kemudian pada tampilan selanjutnya klik Change adapter settings.


3. Selanjutnya pada tampilan Local Area Connection, silahkan klik kanan lalu pilih Properties.


4. Tahap berikutnya, silahkan pilih Internet Protocol 4 (TCP/IPv4), lalu klik Properties.


5. Pada tahap berikutnya, silahkan klik Use the following IP address, lalu lakukan setting IP Address Komputer sebagai berikut.

  1. Masukkan IP Address, dan sebagai contoh saya mengisikan : 192.168.0.3.
  2. IP Subnet Mask secara otomatis akan muncul sendiri, yaitu : 255.255.255.0.
  3. Default Gateway : 192.168.1.254, sengaja saya masukkan IP Address Modem Speedy IndiHome, mengingat dalam topologi jaringan game online tanpa mikrotik yang lebih dominan adalah peran Modem.
  4. Selanjutnya klik OK.


6. Selesai.

Sampai disini proses Setting Jaringan Komputer sudah selesai, tetapi jika anda ingin melakukan sharing file, folder, data, ataupun perankat keras supaya dapat digunakan secara bersama-sama, silahkan membaca artikel tentang Cara Sharing File Folder Windows 7 / 8 / 10 / Vista / XP.

Selain itu, pada saat setting IP Address Komputer, anda juga bisa mengisi DNS untuk meningkatkan kecepatan dan stabilitas koneksi internet agar lebih maksimal serta untuk meminimalisir koneksi internet yang sering putus-putus atau Disconnected / DC.

Artikel Terkait.

Penting.
Seperti apa yang kita tahu, bahwa kehadiran Windows 7 adalah untuk meningkatkan performa dan keamanan dari versi Windows Vista ataupun Wubdows versi sebelumnya sehingga banyak sekali aplikasi yang tidak dapat berjalan secara otomatis.

Atau dengan kata lain untuk menjalankan perangkat lunak / software tertentu terkadang harus melalui Run Administrator, untuk itu perlu dilakukan beberapa setingan Windows 7 agar game ataupun software yang lain dapat berjalan secara otomatis atau autorun.

Artikel Terkait.

Demikian informasi yang berhasil saya rangkum mengenai artikel tentang bagaimana Cara Setting Jaringan Game Online Di Windows Windows 7.

Comments


EmoticonEmoticon